Profil Masyarakat Nagari


Berdasarkan data desa pada bulan Juni 2020, jumlah penduduk Nagari Lagan Mudik Punggasan sebanyak 2588 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 717 KK.

Jumlah penduduk Nagari Lagan Mudik Punggasan usia produktif pada tahun 2020 adalah 1.987 orang. Jumlah angkatan kerja tersebut jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

L

P

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

200

211

411

2

SD

278

250

528

3

SLTP

231

193

424

4

SLTA

279

249

528

5

Akademi

3

15

18

6

Perguruan Tinggi

31

47

78

Jumlah Total

1022

965

1987

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Nagari Lagan Mudik Punggasan sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Kampung memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Nagari Lagan Mudik Punggasan kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. 

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap Nagari akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Nagari Lagan Mudik Punggasan yang tergabung dalam kelompok pegiat Organisasi Pemuda menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, penguatan ekonomi produktif, pelatihan penanggulangan bencana, dan kampanye Pentingnya menjaga kesehatan

Sejumlah penduduk Nagari Lagan Mudik Punggasan bekerja merantau di daerah di luar Sumatera Barat. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. Penduduk asli Nagari Lagan Mudik Punggasan yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya misalnya, mereka membentuk Kelompok seperti Ikatan Keluarga Lagan Sekitarnya ( IKLAS ) untuk memelihara silaturahmi antar sesama warga perantauan. Setiap bulan diadakan kegiatan arisan keliling secara bergilir di setiap tempat anggotanya. Setiap Lebaran diadakan pula kegiatan mudik bersama ke kampung halaman di Nagari Lagan Mudik Punggasan

 

Profil politik masyarakat

Warga Nagari Lagan Mudik Punggasan dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini terbanyak jika dibandingkan dengan Nagari lain di Kecamatan Linggo Sari Baganti

Permasalahan mendasar yang ada di Nagari Lagan Mudik Punggasan adalah Kurangnya Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan dan Pemerintahan Nagari. dikarenakan tingkat Pendidikan dan wawasan yang rendah.

 

Sumber:
Laporan Pertanggung Jawaban Nagari Lagan Mudik Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti


Comments



Kirim Komentar